SubangGranuma Organik bekerjasama dengan Dede Iskandar selaku perwakilan tokoh pemuda setempat untuk menggelar “Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair dan Pestisida Nabati Granuma DZA” (03/11). Acara tersebut bertempat di Kampung Cikuda RT 021 RW 06 Desa Lengkong Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Subang, tepatnya di Majllis Taklim Al-Barokah pimpinan Dadan Iskandar atau dikenal Ustad Dadan sebagai tokoh masyarakat setempat.

Adapun Granuma Organik, merupakan sebuah komunitas di bawah naungan Yayasan Lantera yang berasal dari Kabupaten Subang. Komunitas tersebut didirikan Tedi Sutendar (38) suami dari Eli Herlina (31) dan ayah dari kedua orang putra; Faiz dan Aura. Tedi menjabat pula sebagai Kepala Bidang Pertanian dan Perkebunan Yayasan Lantera. Kedua orang pasangan suami-istri tersebut dikenal dengan sapaan Kang Tedi dan Teh Eli.

Pelatihan pun dibuka Kang Tedi pada pukul 09.00 WIB dengan mempresentasikan materi pertanian organik dan kearifan lokal. Dilanjutkan pengenalan bahan pupuk organik dan pestisida organik oleh Teh Eli. Praktek utama dalam pembuatan pupuk organik DZA dan Pestisida Nabati pun menjadi sesi berikutnya, dimana bahan-bahan dan peralatan sudah disiapkan sehari sebelumnya oleh Panitia.

Pupuk organik cair DZA merupakan temuan teknologi dari Pembina Yayasan Lantera, Dicky Zainal Arifin atau dikenal dengan Kang Dicky. Dimana inisial namanya dicantumkan dalam penamaan mikroba khusus dibalik formula pupuk organik cair tersebut.

Acara ini merupakan serangkaian kegiatan berkesinambungan dari program pelatihan yang merupakan tindak lanjut visi-misi Granuma Organik, diantaranya mengedukasi masyarakat dan mewujudkan Program Kemandirian Pangan dan Kesejahteraan Bersama. Rencana strategis komunitas ini dibangun melalui kerjasama Yayasan Lantera dengan LSM Pemuda Mandiri Peduli Rakyat Indonesia dan lembaga sosial masyarakat atau instansi pemerintah, sehingga bisa mewujudkan terselenggaranya berbagai kegiatan dan penyebaran ilmu pertanian organik yang berkelanjutan.

Kerjasama tersebut telah lancar pula diadakan di Desa Mekar Manik Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung (18/09) yang disponsori Telkom Indonesia dan Bank Jabar Banten.

Sedangkan Pelatihan Granuma Project berikutnya dilaksanakan di wilayah PLTA Cisokan dan masih berlangsung. Turut pula menggandeng LIPI Cibodas Cianjur dan disponsori PT PLN upper Cisokan sampai saat ini. Arealnya meliputi 9 desa, yaitu sebanyak 6 desa di Bandung Barat dan 3 desa di Cianjur

Pelatihan saja tentulah tidak cukup, Granuma Organik  juga melakukan pendampingan selama 4 bulan hingga satu tahun untuk proses produksi pembuatan pupuk dan pendampingan demontration plot (demplot) untuk sawah dan kebun.

Para Petani yang sudah mengikuti pelatihan diharapkan bisa mengaplikasikan pada lahan pertaniannya untuk membangun Warung Komunitas Organik dan mampu untuk menjual hasil produksi pupuk sebagai alternatif bisnis Home Industry, sehingga tercipta Kemandirian Petani dan Kesejahteraan Masyarakat Desa. Karena, “jika Desa kuat maka Negara kuat,” pungkas Kang Tedi.

Mari laksanakan pembangunan “Desa Mengepung Kota” kalau desa maju maka negara akan maju. (Eli Herlina/SRA)

 

 

Fotografer : Eli Herlina & Dede Iskandar